asalamualaikum

indanhya kalu kita sering berbagi antar sesama manusia

Sabtu, 26 November 2011

TIDAK DATANG HAID

Tidak haid bisa berarti hamil, bisa juga bukan. Sudah tes kehamilan ternyata negatif. Tapi perut serasanya begah. Berbahayakah? Untuk memastikan hal itu, perlu diadakan pemeriksaan USG .

Lebih dari sepuluh penyakit yang bisa menyebabkan timbulnya gejala tidak haid. Jika tidak haidnya sejak remaja, tentu berbeda penyebabnya dengan kasus yang akan kita bahan ini. Jenis tidak haid beginis erring disebabkan oleh gangguan pad indung telur. Fungsi indung telur yang melepaskan sel telur akan terganggu jika mengalami peradangan, kena radiasi, atau terbentuk tumor di sana.

Ada dua jenis tumor indung telur. Tumor non-neoplastik bersifat jinak, dan jenis neo-plastik
yang biasanya ganas. Semuanya ada 15 jenisnya. Bisa bekas radang, kista atau gelembung seperti balon berisi cairan. Jenis kista pun beragam. Kalau dibiarkan ada jenis kista indung telur yang lebih besar dari buah kelapa, layaknya ibu sedang hamil.

Jika tumor diduga non-neoplastik, masih sebesar buah duku, biasanya ditunggu sampai 2-3 bulan dan diharapkan mengempis sendiri. Baru jika tidak mengempis harus ditinjau kembali kemungkinan lain.

Harus Operasi
Suatu tumor dicurigai neo-plastik umumnya harus dioperasi. Tergantung besar tumor dan sifatnya ganas atau tidak, operasi hanya bsia mengerat bagian yang ada tumornya, bisa diangkat seluruh indung telurnya, atau sekaligus mengangkat rahimnya jika tumornya ganas.

Tumor indung telur umumnya tanpa keluhan dan gejala. Keluhan baru muncul karena besarnya, atau letaknya, tumor menggangu organ lain di sekitarnya.Jika menekan saluran kemih, usus, saraf atau pembuluh darah besar di sekitar rongga panggul, tumor akan menimbulkan keluhan susah kencing, tidak bisa buang air besar, tungkai merasa kesemutan, atau kaki sering bengkak.

Mungkin saja tumornya belum begitu besar dan tidak teraba dari luar. Tapi jika menekan organ-organ vital disekitarnya, maka keluhan atau gejalapun muncul. Sebaliknya, tumor indung telur yang sudah lebih besar dan membuat perut membuncit pun mungkin belum merasa apa-apa, kecuali perut bertambah besar saja jika tumornya belum menekan organ-organ disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar